Jumat, 26 Oktober 2012

Laporan Hasil Praktikum Kimia Laju Reaksi


laporan hasil Praktikum Laju Reaksi

Judul: Praktikum Laju Reaksi

Tujuan Praktikum:
Mengetahui seberapa besar pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi
Mengetahui seberapa besar pengaruh suhu terhadap laju suatu reaksi
Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

Dasar teori :

1.    Teori TumbukanSuatu zat dapat bereaksi denganz at lain apabila partikel-partikelnyasaling bertumbukan. Tumbukan yang terjadi tersebut akan menghasilkan energiuntuk memulai terjadinya reaksi. Terjadinya tumbukan antar partikel disebabkanoleh karena partikel-partikel (molekul-molekul) zat selalu bergerak dengan arah yang tidak teratur. Tumbukan antar partikel yang bereaksi tidak selalumenghasilkan energi yang cukup dapat menghasilkan reaksi.Energi yang diperlukan untuk menghasilkan suatu reaksi disebut energi pengaktifan. Energi pengaktifan merupakan energi minimum agar suatu reaksidapat berlangsung.

2.    KonsentrasiSecara umum konsentrasi pereaksi akan mempengaruhi laju reaksi.Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi adalah khas untuk setiap reaksi.Semakin tinggi konsentrasi berarti makin banyak molekul-molekul dalam setiap satuan luas ruangan, dengan demikian tumbukan antar molekul makin seringterjadi. Semakin banyak tumbukan yang terjadi berarti kemungkinan untuk menghasilkan tumbukan efektif semakin besar dan reaksi berlangsung lebihcepat.



3.    Luas PermukaanReaksi yang berlangsung dalam system homogen sangat berbeda denganreaksi yang berlangsung dalam system heterogen. Pada reaksi yang homogen,campuran zatnya bercampur seluruhnya. Hal ini dapat mempercepat berlangsungnya reaksi kimia karena molekul-molekul ini dapat bersentuhan satusama lainnya. Makin halus suatu zat maka makin luas permukaannya sehingga makin besar kemungkinan bereaksi dan makin cepat reaksi itu berlangsung. Dengan menggunakan teori tumbukan dapat 
dijelaskan bahwasemakin luas permukaan zat padat semakin banyak tempat terjadinya tumbukanantar partikel zat yang bereaksi.



4.    Temperatur Harga tetapan laju reaksi (K) akan berubah bila suhunya berubah. Lajureaksi meningkat dengan naiknya suhu. Biasanya kenaikkan suhu sebesar 100C akan menyebabkan kenaikan laju reaksi dua atau tiga kali. Kenaikkan laju reaksi ini disebabkan dengan kenaikkan suhu akan menyebabkan makin  cepatnyamolekul-molekul pereaksi bergerak, sehingga memperbesar kemungkinanterjadinya tabrakan antar molekul. Energi yang diperlukan untuk menghasilkantabrakan yang efektif atau untuk menghasilkan suatu reaksi disebut energi pengaktifan kinetik.

5.    Katalisator. Beberapa reaksi kimia yang berlangsung lambat dapat dipercepat denganmenambahkan suatu zat kedalamnya, tetapi zat tersebut setelah reaksi selesai ternyata tidak berubah. .Reaksi berlangsung pada suhu tinggi berjalan lambat.

2 komentar:

 

Blogger news

Blogger templates

Blogroll

About